Mau Investasi Apartemen ? Simak Ini Dulu!

Ini Alasan Kenapa Membersihkan Kulit Tak Cukup Sekali
Ini Alasan Kenapa Membersihkan Kulit Tak Cukup Sekali
September 23, 2019
Menurut Riset Minum Kopi dapat Tingkatkan Harapan Hidup
Menurut Riset, Minum Kopi dapat Tingkatkan Harapan Hidup
September 23, 2019
Mau Investasi Apartemen ? Simak Ini Dulu!

Tingginya kebutuhan akan hunian di perkotaan terutama kota-kota besar saat ini memang tidak diimbangi dengan ketersediaan lahan yang ada. Hunian vertikal pun muncul sebagai salah satu alternatif tempat tinggal. Tidak sekedar menyediakan hunian, namun apartemen kini dikemas sebagai lingkungan hunian dengan berbagai fasilitas terintegrasi, demi memenuhi kebutuhuan pemilik apartemen. Kondisi ini menjadikan apartemen banyak diminati karena dianggap sebagai hunian yang ideal. Bagi sebagian orang, membeli apartemen hanya untuk kebutuhan tempat tinggal.

Namun besarnya peminat apartemen, menjadi peluang besar untuk berinvestasi apartemen, dengan menyewakan kembali unit apartemen. Namun ada beberapa hal yang perlu kita lakukan ketika memilih apartemen untuk investasi. Pemilihan lokasi, akses, fasilitas dan potensi investasi, merupakan pertimbangan penting bagi para investor dalam memilih apartemen, agar menghasilkan recurring income yang tinggi dalam berinvestasi.

Bagi Anda yang ingin berinvestasi apartemen, karakteristik target penyewa harus benar-benar diperhatikan dan tentukan terget yang potensial. Penentuan target bisa dilakukan dengan membuat analisis karakteristik demografi seperti karakteristik ekonomi, sosial, latar belakang pendidikan, kebiasaan, dan lai sebagainya. Jika perlu, lakukan survei terhadap calon target. Mengenali calon target akan memudahkan kita menjangkau calon penyewa.

Banyaknya faktor yang harus diperhatikan dalam membeli apartemen, tentunya harus disesuaikan kebutuhan pemilik nantinya. Beberapa faktor yang harus diperhatikan diantaranya harga apartemen, spesifikasi unit, lokasi, fasilitas. Untuk kebutuhan investasi, pemilihan harga tentunya harus memperhatikan harga jualnya kembali. Sementara spesifikasi unit, lokasi dan fasilitas harus dipertimbangkan untuk memberikan kemudahan akses, kenyamanan dan keamanan bagi pemilik nantinya. Seperti sistem keamanan unit, parkir, fasilitas pusat kesehatan, pusat perbelanjaan, sarana olah raga, dan lain sebagainya.

 

 

Lakukan pencarian referensi sebelum membeli apartemen untuk investasi, dengan pencarian informasi di internet, mengunjungi pameran, atau mengikuti seminar investasi properti. Sesuai dengan tujuannya, investasi memiliki proyeksi jangka panjang. Bagi Anda yang belum berusia 40 tahun, sebaiknya jeli memilih produk poperti yang memberikan kenaikan modal secara agresif. Salah satu produk properti yang terbilang agresif adalah apartemen.

Besarnya peluang bisnis di sektor properti, kemungkinan adanya penipuan menjadi tak terelakkan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui pengembang apartemen dan reputasinya. Kualitas dan perijinan apartemen juga akan berpengaruh, tergantung dari pengembang apartemen. Selain pengembang, manajemen yang akan banyak bersinggungan dengan pemilik apartemen nantinya, terkait permasalahan yang mungkin muncul selama tinggal di apartemen. Sebagai pihak yang menyewakan apartemen kita akan menjadi perpanjangan tangan antara pemilik dengan manajemen. Dengan adanya manajemen properti baik akan memudahkan dan meminimalisasi permasalahan yang akan muncul di apartemen nantinya.

Pembayaran apartemen bisa dilakukan secara tunai, tunai bertahap (installment) atau melalui KPA (Kredit Pemilik Apartemen). Dari masing-masing cara pembayaran dapat dipilih sesuai kemampuan kita. Yang perlu diperhatikan adalah syarat dan ketentuan dari masing-masing cara pembayaran. Tidak hanya pembayaran unit apartemen, ada biaya pemeliharaan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Besaran nominalnya tergantung dari manajemen properti dan pengembang. Sebelum menentukan sistem pembayaran dengan calon penyewa, harus dipastikan tidak ada permasalahan dalam sistem pembayaran unit apartemen.

Hal penting lainnya dalam memilih apartemen untuk investasi, adalah memperhatikan prospek investasi yang ditawarkan. Prospek investasi dapat dilihat dari harga jual setiap unitnya diwaktu mendatang dan nilai jual apartemen juga perlu ditekankan, berupa fasilitas, spesifikasi unit, kemudahan akses dan lain sebagainya. Jangan lupa tentukan media untuk mempromosikan apartemen yang akan kita sewakan. Penentuan media didasarkan pada keterjangkauan media terhadap target penyewa. Karena berbeda klasifikasi target, akan berbeda pula media yang digunakan untuk menjangkau. Media yang digunakan dapat berupa media cetak, elektronik, maupun digital.

 

 

 

Terakhir, peluang berinvestasi apartemen tidak datang begitu saja. Kita sebagai calon investor harus pro-aktif dan cermat melihat peluang investasi yang ada. Biasanya apartemen akan dijual dengan harga promo sebelum apartemen tersebut selesai dibangun, atau dengan kata lain membeli apartemen sebelum harga publish. Peluang inilah yang harus kita ambil.

Lantas kapan kita bisa mendapatkan peluang tersebut? Harga promo sebelum publish biasanya akan ditawarkan pada event special seperti pameran atau ground breaking apartemen. Namun, ada poin yang perlu diperhatikan, yaitu jangan asal mengambil peluang yang ada. Anda tetap perlu waspada dan memahami setiap peluang yang ditawarkan.

 

 

Artikel : https://sewakantor-online.com

 

Related Pos :

  •  Ini Alasan Kenapa Membersihkan Kulit Tak Cukup Sekali
  •  BTN Tawarkan KPR Bagi Komunitas Wirausaha

 

1 Comment

  1. […]  Mau Investasi Apartemen ? Simak Ini Dulu! […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *