Ternyata Perempuan Lebih Pintar Berinvestasi

Liburan tiba yuk mari menata rumah
Liburan Tiba, Yuk, Mari Menata Rumah Anda!
October 30, 2019
Cara Ubah Kelas BPJS
Cara Ubah Kelas BPJS
November 12, 2019
Ternyata Perempuan Lebih Pintar Berinvestasi

Seperti yang kebanyakan orang tahu jika profesi di bidang ekonomi kebanyakan dipegang oleh kaum lelaki. Namun rupanya perempuan lebih jago masalah investasi.Selain karena perempuan memang terkenal lebih baik dalam mengelola uang, hal ini telah dibuktikan melalui riset oleh Warwick Business School di Inggris. Berikut beberapa penyebab investasi yang dilakukan oleh perempuan cenderung lebih banyak menghasilkan keuntungan :

  1. Sikap Hati-hati

perempuan lebih hati-hati

Investor perempuan lebih berhati-hati dalam menentukan pilihan. Mereka akan selektif dalam memilih tempat berinvestasi. Investor perempuan yang merasa tidak terlalu paham mengenai bidang ini atau baru memulai berinvestasi pun juga akan mencari tempat investasi dengan rekam jejak yang baik dan fokus pada saham itu.Selain itu mereka juga selektif dalam mengambil keputusan saat terjadi kenaikan atau penurunan nilai saham mereka.

  1. Sikap Sabar

sikap rasa sabar

Kecenderungan investor perempuan untuk sabar ketika saham yang mereka pegang hanya mengalami sedikit peningkatan lebih baik dibandingkan investor laki-laki. Mereka akan menanti sampai cukup lama dengan peningkatan yang kecil tersebut karena mereka berorientasi jangka panjang. Meski demikian, investor perempuan jugatidak ragu-ragu untuk mencabut investasi mereka jika terjadi penurunan nilai secara signifikan.

  1. Tidak Gegabah dalam Mengambil Pilihan

tidak gegabah

Meski sering dianggap mengambil keputusan berdasarkan perasaan atau emosi, tetapi perempuan tidak gegabah dalam mengambil keputusan dalam berinvestasi. Mereka akan mencoba bertahan jika penurunan nilai masih tergolong kecil, tetapi akan mencabutnya saat penurunan nilai semakin banyak. Mereka juga tidak lekas menjual-belikan saham yang mereka miliki pada momentum tertentu.

  1. Selalu Memikirkan Kemungkinan-kemungkinan Lain

memikirkan kemungkinan lain

Dalam mengambil keputusannya, perempuan cenderung memikirkan kemungkinan-kemungkinan lainnya. Mereka akan lebih memilih bertahan meski kenaikan harga hanya kecil dan akan mencabut investasinya saat penurunan terjadi terus-menerus.

  1. Tidak Terpaku pada Momentum

 tidak terpaku momentum

Investor perempuan tidak sepenuhnya terpaku pada momentum. Meski momentum dapat dijadikan dasar untuk berinvestasi, momentum tidak sepenuhnya dapat diandalkan. Oleh karena itu, dibutuhkan pengamatan spesifik mengenai momentum tersebut, akankah berdampak jangka panjang atau sebaliknya.

  1. Cenderung Melakukan Jual-Beli Lebih Sedikit

cenderung jual beli sedikit

Investor perempuan cenderung melakukan jual-beli saham lebih sedikit dibandingkan investor laki-laki. Hal ini dikarenakan sifat sabarnya dalam menantikan perkembangan lebih lanjut dari pergerakan sahamnya. Dengan sikap sabar dan sedikitnya aktivitas jual-beli ini akan membuat pundi-pundi nilai saham yang dimiliki meningkat sedikit demi sedikit. Tentu dengan catatan, yaitu adanya pergerakan naik dari saham yang dibeli.

  1. Disiplin

disiplin

Dari segi ini, investor perempuan lebih displin terhadap rencananya dibandingkan investor laki-laki. Mereka akan bertahan untuk investasi jangka panjang dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan, seperti menjual-belikan sahamnya.

  1. Mau Belajar dan Terbuka pada Masukan

mau belajar dan terbuka terhadap masukan

Dalam hal ini, perempuan terkadang masih awam sehingga mereka akan sangat terbuka pada saran-saran dan masukan dari teman atau orang-orang di sekelilingnya. Mereka secara bertahap mempelajari sistem dan pola gerak investasi yang mereka ingini tanpa menutup pintu untuk menerima masukan. Lain halnya dengan investor laki-laki yang cenderung merasa lebih tahu. Mereka cenderung berani mengambil risiko karena merasa lebih tahu, serta lebih tertutup pada saran-saran dan masukan.

Demikian beberapa alasan kelebihan perempuan dalam berinvestasi. Dengan berbagai alasan tersebut tidak berarti investor laki-laki lebih ceroboh dalam mengambil keputusan untuk berinvestasi. Namun lebih ke menunjukkan beberapa alasan dari sistem pengambilan keputusan yang dilakukan perempuan dalam berinvestasi.

 

Artikel : https://sewakantor-online.com

 

Related Pos :

 

2 Comments

  1. […]  Ternyata Perempuan Lebih Pintar Berinvestasi […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *